Begini Cara Memulai Usaha Sembako untuk pemula

cara memulai usaha sembako

Begini Cara Memulai Usaha Sembako untuk Pemula

Sembako merupakan kebutuhan setiap orang setiap harinya.  Sembako berupa beras, gula, minyak, daging (ayam dan sapi), telur ayam, dan lain-lain. Sembako tersebut dapat dibeli di pasar dengan harga yang bervariasi. Banyak pedagang yang menjual sembako tersebut.

Jika sobat ingin memulai usaha sendiri, menjual sembako bisa sobat coba jadikan usaha anda. Peluang usaha menjual sembako sangat besar karena sembako pasti dibutuhkan setiap hari. 

Cara Memulai Usaha Sembako 

Untuk memulai usaha sembako, tentunya diperlukan modal. Minimal untuk menyewa kios dan stock sembako nya. Untuk modalnya disesuaikan dengan kemampuan aja. Tidak harus langsung besar usahanya, bertahap aja.

Untuk tempat jualan sembakonya, sobat bisa menyewa kios di pasar tradisional. Jika sobat gak dapat kios di pasar tradisional, sobat bisa menyewa kios di tepi jalan. Sobat sesuai saja dengan modal yang sobat punya.

Jika sobat tinggal dikawasan perumahan dan perumahan tersebut jauh dari pasar, sobat bisa manfaatkan peluang tersebut dengan menjual sembako di rumah sobat. Sobat bisa memanfaatkan garasi rumah untuk tempat jualannya.

Cara Stok Barang Sembako

Untuk stock barangnya, sobat bisa mencari suplier atau pedagang besar yang ada dipasar. Sobat bisa membeli sembako tersebut untuk dijual kembali. Sobat bisa nego harga sama pedagangnya siapa tau bisa dapat harga lebih murah. 

Stock barang yang sudah dibeli harus sobat catat pengeluarannya. Dari cacatan tersebut, sobat bisa tentukan harga jual kembalinya. Jangan sampai sobat salah kasi harga. Apalagi harga yang sobat kasi lebih murah dari harga pasar, sobat bisa rugi nanti.

Cara mengatur keuangan usaha warung sembako

Agar usaha jualan sembako sobat terkontrol, pembukuan transaksi usaha sobat harus rapi. Setiap pengeluaran atau pemasukan harus dicatat. Jangan sampai sobat malas mencatat, nanti sobat bisa gak tau apakah usaha jualan sembako sobat rugi atau untung.

Cara menjalankan usaha warung sembako

Jika baru memulai usaha jualan sembakonya, sobat harus bersabar. Biasanya usaha yang baru dibuka tidak langsung laris. Ada prosesnya. Jangan baru dibuka terus gak ada yang beli, sobat jadi patah semangat. Terus jalani aja, terus cari cara agar toko sobat ramai pembeli.

Untuk stock barang yang ada kadarluarsanya, jangan lupa dicek  ya tanggalnya. Takutnya karena lama gak ada yang beli, kadarluarsanya lewat. Kan sayang jadinya kalau barangnya jadi harus dibuang. Apalagi sampai di lihat calon pembeli barang dagangan sobat sudah kadarluwarsa, bisa kacau usaha sobat

Sekian dulu ya Sobat info singkat tentang Cara Memulai Usaha Sembako untuk pemula. Mohon maaf jika ada yang keliru dalam tulisan ini. Semoga bermanfaat. ya.

0 komentar