PEMBELI ADALAH DAN TIPE TIPE PEMBELI

PEMBELI ADALAH

PENJELASAN TENTANG TIPE-TIPE PEMBELI


PEMBELI-Kali ini saya akan membagi informasi bermanfaat yang didapat dari Grup WhatsApp yang saya ikuti. Informasi ini ditulis oleh Muhammad Husnan. Beliau adalah Mitra Nutrisi Otak Omar Smart Brain. Informasi yang saya akan bagi tentang Pembeli  yang sangat berguna buat kita yang sedang belajar Cara Memulai Usaha.

TIPE TIPE PEMBELI

Beberapa bulan yang lalu Bapak Muhammad Husnan sempat sharing dengan kak Diaz Fouunder dari komunitas Muslimah Millionaire, wanita muda yang usianya masih di bawah 30 tahun namun omsetnya sudah milyaran per bulan. Dia sharing kepada beliau menjelaskan tentang macam-macam karakter pelanggannya berdasarkan tipe burung, iya burung hee.. Oke langsung saja kita bahas 4 tipe tipe pembeli :
>Tipe Merpati
Sesuai dengan tipe burung merpati yaitu jinak-jinak merpati. Tipe pembeli seperti ini biasanya orangnya susah untuk mengambil keputusan alias suka bingung.Misalnya ketika ingin beli shampo di supermarket. Sampai di supermarket karena banyak jenis shampo yang dipajang, jadi bingung sendiri sebenarnya shampo apa yang ingin dibeli.
Untuk tipe merpati ini Kita bisa langsung mengarahkan pilihan produk yang ingin Kita jual. Jika produk Kita hanya satu, misal hanya jual OSB maka Kita bisa memberikan pilihan jumlah OSB yang mau dibeli. 

Contohnya:

"Bun, OSB nya mau 1 paket atau 2 paket? Klo ambil dua paket bunda akan dapat bonus (sebutin bonusnya) dan free ongkir loh.. Gimana?"
Bisa juga seperti ini..
"Oia bun, lokasi bunda kan jauh nih dan ongkirnya juga lumayan mahal. Klo Saya boleh kasih saran, ambil dua paket langsung aja bun OSB nya agar ga berat di ongkirnya. Gimana bun?"

>Tipe Elang

Pembeli dengan tipe ini cirinya adalah ingin cepat. Kalau chat maunya langsung dibalas, telat sedikit bisa pindah bahkan marah-marah.

Enaknya pembeli tipe elang ini klo suka dengan produknya ga banyak nawar dan langsung beli, untuk tipe pembeli ini perlu perlakuan khusus.
Misal dengan memberikan dibelakang namanya dengan tambahan kata "elang" agar ketika ada chat yang masuk, Kita bisa langsung membalas untuk tipe pembeli elang ini. 

>Tipe Burung Hantu

Tau burung hantu kan? Yang matanya belo itu loh, kayak pakai kacamata hee.. 

Tipe pembeli burung hantu biasanya klo nanya berhubungan dengan spesifikasi produk. 

Misal:

"Mba, OSB itu bahannya apa aja?"
"Mas, OSB itu cara kerjanya gimana? Kok bisa bikin cerdas?"
"Mba, kenapa OSB itu hanya diminum selama 5 hari dalam seminggu, tidak setiap hari?"
Pernah ngalamin dengan calon pembeli seperti itu?
Jika pernah, maka yang harus Anda lakukan adalah kuasai product knowledge tentang OSB sampai ngelotok di kepala agar bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pembeli tipe burung hantu ini.
Selain itu, pembeli tipe burung hantu hanya ingin membeli produk dari penjual yang dianggap lebih "pintar" darinya.
So, menguasai product knowledge mutlak diperlukan apapun jualan Anda karena Kita tidak bisa memilih pembeli seperti apa yang Kita harapkan.

>Tipe Burung Merak

Untuk tipe burung merak ini lebih mudah diatasi. Biasanya pembeli tipe burung merak sangat memperhatikan penampilan dan suka dengan pujian.

Jika bertemu dengan pembeli tipe ini, jangan lupa sebelum menawarkan produk, berikan pujian yang tulus dulu. Entah itu tentang penampilannya atau tentang anaknya Misalnya :
"Wah bunda bajunya bagus banget, cocok banget sama kulit bunda yang putih. Oh iya bun, anak bunda katanya dapat tiga besar ya di sekolahnya? Selamat ya bun.. Sepertinya cerdasnya nurun dari bunda nih.. bla ... bla.. bla.. (lanjutin sendiri ya)
Baru masuk ke penawaran setelah melakukan pujian. Bikin hatinya berbunga-bunga dulu.
"Oh iya, bunda pasti ingin anaknya semakin berprestasi kan di sekolahnya? Saya ada produk nutrisi otak nih bun yang udah terbukti bisa meningkatkan kecerdasan dan daya ingat anak bunda. Namanya OSb... bla.. bla.. bla.. (lanjutkan lagi.. )

Pahami dan baca berulang-ulang ke empat tipe tipe pembeli di atas. Jika Anda sudah paham mengenai 4 tipe karakter pembeli di atas, Insya Allah jualan akan semakin mudah dan omset akan semakin bertambah.


Sekian dulu informasi yang dapat saya sampaikan tentang Pembeli, Semoga bermanfaat :)





CARA MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR ANAK, KLIK GAMBAR DIBAWAH INI !!

 Nutrisi Otak OSB