CARA MELAYANI PEMBELI


PENJELASAN CARA MELAYANI PEMBELI


CARA MELAYANI PEMBELI - Kali ini saya akan sharing ilmu yang saya dapatkan di grup WhatsApp yang saya ikuti. Ilmu ini sangat penting diketahui untuk kita yang mungkin sedang belajar membuka usaha atau yang sedang menjalankan usaha.

BAGAIMANA CARA MELAYANI PEMBELI


Memperlakukan pelanggan dengan baik adalah keharusan. Karena bos anda sesungguhnya adalah pelanggan anda. Anda yang membutuhkan pelanggan, bukan sebaliknya. Usaha anda disebut berhasil bila mampu melayani banyak pelanggan dengan baik, sesuai ekspektasi yang anda berikan pada pelanggan dalam iklan-iklan anda. Ingat, pembelian pertama dari pelanggan anda belum dianggap sebuah prestasi, tapi, jika dia melakukan pembelian berulang (repeat order), itu baru prestasi.

Maka, menjaga dan menciptakan pelanggan yang loyal secara emosional pada produk kita harus diperjuangkan sekuat mungkin, dan jangan melakukan hal bodoh yang bisa membuat pelanggan anda lari. Itu malapetaka besar dalam sebuah bisnis.


Mari kita simak 7 hal yang DILARANG DILAKUKAN dalam Cara Melayani Pembeli anda :

- Jangan Mendebat Pelanggan
Pelanggan selalu benar pendapatnya, maka hindari mendebat atau berbeda pendapat secara frontal dengan pelanggan anda. Jikapun anda berbeda pendapat, lakukan dengan halus, gunakan kata “TAPI” dengan bijak untuk mengemukakan pendapat anda di depan pelanggan.
Misalnya, pelanggan mengatakan bahwa warna produk anda kurang cerah sehingga tidak menarik minatnya. Maka, setujuilah dengan hati lapang dan terbuka, sambil menunjukkan keunggulan lain atau menawarkan opsi lain.
Misal:
“Ibu suka yang warna cerah ya? Wah bagus memang pilihan dan selera ibu. Tapi bu, biarpun warnanya sedikit seperti kusam, justru itulah ciri khas keaslian produk ini.”
Atau,
“Oh begitu ya bu, suka yang cerah, ini ada yang model lain yang warnanya mungkin ibu suka”
dan seterusnya. Anda bisa baca artikel bagaimana menangani pelanggan yang cerewet menjadi pelanggan loyal anda.

- Jangan Membiarkan Pelanggan Menunggu karena Respon Kita yang Lambat
Kecepatan pelayanan terutama yang berbisnis online (toko online) sangatlah penting. Menurut pengalaman, tidak menjawab pertanyaan pelanggan lebih dari 3 menit akan membuka kesempatan kompetitor masuk, dan daaaah…pelanggan bisa meninggalkan kita.
Jikapun terpaksa harus membuat pelanggan menunggu, isilah waktu tunggu pelanggan dengan hal-hal yang menyenangkannya, yang membuatnya lupa kalau dia sedang menunggu pelayanan anda. Misalnya dengan memberikan pelayana ekstra, musik, atau hal lain yang mungkin dan disesuaikan dengan keadaan.

- Jangan Diskriminatif
Lakukan standar pelayanan yang sama pada semua orang. jangan diskriminatif hanya karena kulit, penampilan apalagi SARA. Standar pelayanan harus sama pada semua orang. Ajarkan pegawai anda untuk melakukan pelayanan sesuai SOP yang anda buat di bisnis anda. Anda belum punya SOP? Bikin dong!
Jika harus melakukan perbedaan pelayanan pada pelanggan dengan prioritas tinggi, maka pisahkan ruangannya dengan pelanggan biasa. Seperti yang banyak dilakukan oleh BANK-BANK pada pelanggan prioritasnya, yang mempunyai ruangan khusus terpisah dengan pelanggan biasa, dan tidak terlihat oleh pelanggan biasa.

- Jangan Menyerahkan Sepenuhnya Pada Karyawan
Meski kita memiliki kegiatan yang padat dan banyak karyawan, sebaiknya jangan serta-merta melepas Cara Melayani Pembeli kepada mereka sepenuhnya. Sesekali ada baiknya kita sebagai pemilik usaha secara langsung melayani atau setidaknya menyapa pelanggan, mereka akan sangat merasa di hargai jika dilayani oleh pemilik usahanya langsung, maka dari itu luangkan waktu untuk sekali-sekali berbicara dengan mereka.

- Jangan Memperlihatkan Kegelisahan
Selalu tersenyum meski keadaan sedang tidak baik.
Terkadang dalam perjalanan usaha sering kita mendapatkan hal yang tidak menyenangkan, sebaiknya jangan perlihatkan kondisi tersebut pada saat melayani pelanggan. Raut wajah yang muram, marah, gelisah, malas adalah sesuatu yang tidak patut kita perlihatkan kepada mereka, meski sulit sebaiknya tinggalkan dahulu perasaan-perasaan tersebut jika sedang menghadapi pelanggan.
Latihlah diri anda untuk tetap ramah dan menyenangkan bagi pelanggan meski suasana hati anda sedang tidak baik. Berlakulah seperti artis atau pelawak panggung yang selalu gembira diatas panggung meski dalam kehidupan nyata mereka sedang menghadapi persoalan rumit.

- Tidak Menanggapi Keluhan
Kadang terjadi konsumen tidak merasa puas dengan produk yang kita jual, mengatasi hal ini kita harus bisa memberikan solusi yang sama-sama menguntungkan. Jangan pernah mencoba untuk tidak menanggapi terhadap keluhan yang pelanggan utarakan, karena itu sama saja dengan menjelek-jelekan bisnis sendiri, pelanggan akan kapok untuk membeli produk atau jasa kita. Untuk ilmu menangani keluhan pelanggan, silahkan baca artikel ini: bagaimana menghadapi keluhan pelanggan dengan efektif.

- Jangan Pernah Berniat Menipu Pelanggan
Kejujuran dalam berbisnis adalah hal utama. Menipu adalah hal yang sangat tidak baik untuk dilakukan kepada pelanggan, sedikit demi sedikit bisnis anda akan di tinggalkan dan selanjutnya tidak akan berjalan. Dengan memberikan penjelasan yang tidak benar kepada pelanggan, dengan maksud agar mereka mau membeli produk kita, akan membuat mereka memberikan penilaian yang sangat buruk terhadap bisnis anda, dan dengan mudah penilaian tersebut menyebar kepada calon pembeli lainnya, ini yang akan menyebabkan bisnis anda tidak akan lama bertahan.

Sekian dulu ilmu yang dapat sharing tentang Cara Melayani Pembeli Semoga bermanfaat..