Begini Cara Memulai Usaha Catering Rumahan


cara memulai usaha catering rumahan

Begini Cara Memulai Usaha Catering Rumahan

Memulai usaha bisa juga dilakukan dirumah. Beberapa usaha bisa dimulai dirumah, salah satunya usaha catering. Usaha catering cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga yang ingin mempunyai kegiatan selain mengurus rumah dan menjaga anak dan bisa mendapatkan penghasilan tanpa harus kerja diluar rumah.

Cara Memulai Usaha Catering Rumahan

Usaha catering tidak harus dimulai dengan modal yang besar. Berbeda dengan jika kita memulai usaha rumah makan yang harus menyediakan tempatnya, peralatannya dan lain-lain. 

Cara Memulai Usaha catering rumahan tidak perlu seperti itu. Kita bisa menggunakan peralatan masak yang ada dirumah kita. Jika dirasa ada yang kurang peralatannya, baru kita beli. Belinya sesuai kebutuhan, jangan semuanya harus serba baru.

Untuk bahan masakannya, kita tidak perlu menyetok nya terlebih dahulu. Kita hanya menyiapkan bahan pada saat ada orderan saja. 

Menu Untuk usaha catering

Untuk menu makanannya, sobat bisa riset dahulu menu makanan apa saja umumnya di sediakan usaha catering. Kita bisa coba browsing di google, dan cari website usaha catering. Lihat menu makanan yang disajikannya.

Lebih bagus lagi kalau sobat mempunyai menu sendiri. Atau punya resep keluarga yang sudah terbukti enak untum dijadikan menu andalan.

Menentukan harga makanan catering

Untuk harga makanannya, harus diperhitungkan dulu ya sobat. Jangan sampai sobat rugi karena jual makanannya kemurahan. Lihat juga harga yang makanan yang dijual kompetitor kita. Kalau bisa harga makanan kita lebih murah dati kompetitor tapi kita tetap bisa untung.

Untuk memudahkan pekerjaan kita jika ada orderan, kita bisa minta bantu suami jika dia sudah pulang kerja atau tidak sibuk, atau minta bantu keluarga untuk membantu menyiapkan pesannnya. 

Kita tidak harus mempunyai karyawan terlebih dahulu jika baru memulai usaha.  Kalau orderan sudah banyak, baru kita menggaji karyawan untuk membantu pekerjaan kita. 

Cara Promosi usaha catering rumahan

Untuk promosi usaha catering  rumahan bisa kita lakukan secara offline maupun online. Untuk cara offline bisa dengan memberi tahu keluarga, dan teman bahwa kita membuka usaha catering.

Selain itu, kita juga bisa membuat spanduk promosi usaha catering kita. Kita pasang spanduk tersebut di rumah kita atau di tempat-tempat yang strategis dan banyak dilalui orang.

Cara diatas hanya sebagai contoh saja cara promosi usaha cateringnya. Sobat bisa melalukan cara lain. Tinggal pikirkan saja ide-ide kreatif untuk promosinya.

Untuk promosi online kita bisa menggunakan cara gratisan aja dulu. Kita bisa membuat akun facebook, instagram atau sebuah blog gratis. Untuk membuat akun facebook dan instagram cara nya sangat mudah, sobat pasti sudah tahu.

Akun facebook dan instagram kita harus mepromosikan usaha catering kita. mulai dari pemberian nama akun, postingan, dan deskripsi akunnya harus mencantukan informasi tentang usaha kita seperti nomor handphone, alamat dan lain-lain.

Teman akun facebook dan follower akun instagram usaha kita terus kita  tambah agar setiap kita posting bisa menjangkau lebih banyak orang. Bisa baca disini untuk caranya, cara berjualan di instagram.

Selain membuat akun facebook dan instagram, kita juga bisa membuat blog gratis usaha catering kita. Kita bisa membuat blognya di blogger atau wordpress. 

Kita posting informasi tentang usaha catering kita di blog tersebut mulai daftar menu, cara order, kontak dan lain-lain.

Setelah blognya jadi, blog usaha kita tersebut dioptimasi  agar bisa tampil dihalaman satu pencarian google. Jika sudah tampil dihalaman satu google, maka blog kita bisa dikunjungi orang yang ingin order usaha catering kita.

Jika bingung membuat blog dan cara optimasi agar muncul di halaman pencarian google, bisa mengikuti bimbel blog + SEO murah kami, hubungi via WA : 085705330377 (Sekalian promosi.. hehe)

Sekian dulu info singkat tentag Cara Memulai Usaha Catering Rumahan. Mohon maaf jika masih banyak terdapat kekurang dalam tulisannya. Semoga bermanfaat ya.

0 komentar