PENJELASAN TENTANG CARA MEMULAI DAN MENJALANKAN USAHA
CARA MELAKUKAN BISNIS
Cara menjalankan usaha mungkin merupakan pertanyaan yang sering
dipertanyakan oleh kita yang baru terjun ke dunia usaha. Apa saja tahapan
menjalankan usaha, bagaimana prosenya merupakan ilmu usaha yang harus diketahui
para pengusaha pemula. Sekarang saya ingin menginformasikan beberapa tahapan
dalam Cara memulai Usaha dan menjalankan usaha. Informasi ini saya peroleh dari salah satu pengusaha
sukses Kota Pontianak yang sering menshare tentang ilmu usaha di salah satu
grup facebook Pontianak Entreprenuer.
BEBERAPA TAHAPAN DALAM MEMULAI DAN MENJALANKAN USAHA
Berikut beberapa
tahapan dalam memulai dan cara menjalankan usaha :
> Menentukan ide bisnis
Ide
bisnis adalah akar dari sebuah usaha, menentukan ide bisnis butuh namanya
tahapan. Bisa berdasarkan passion, peluang atau bahkan perpaduan keduanya,
diperkuat dengan data penelitian, karena tidak semua orang memiliki kemampuan
yang sama dengan lainnya.
Setelah
itu gunakan analisa SWOT sederhana, lihat kekuatannya, kelemahannya,
peluangnya, dan perlakuannya. Seleksi dari beberapa ide, minimal 5, seleksi
jadi 3, dan tentukan 1 yang akan dieksekusi. Perkuat dengan konsep USP, Unique
Selling proposition, ada 11 langkah menentukannya, dan itulah awal dari blue
ocean strategy. Sebuah konsep marketing yang dapat diimplementasikan, jika itu
tercapai maka menjadi market leader adalah sebuah keniscayaan.
> Sources
Sumber
disini bisa dibagi menjadi beberapa jenis, ada sumber tenaga, waktu, modal
materi, dan pikiran.
Dalam
usaha kita harus mengerahkan ke 4 sumber tersebut, yang biasa menjadi kendala
adalah modal materi, padahal jika mau mencari solusinya maka materi adalah
modal terakhir.
Untuk
memulai sebuah usaha tidaklah harus dengan HUTANG, bisa dimulai dengan sistem
kepercayaan, asal ada kemauan, gunakan kemampuan pikiran, waktu dan tenaga.
> Promotion
Promosi
adalah tombak dari sebuah usaha, ada 3 tahapan dalam promosi, pertama
awareness, tujuan promosi ini adalah mengenalkan produk yang kita jual.
Bagaimana para konsumen tau produk yang kita jual, gunakan medsos bisa menjadi
opsi karena minim modal promosi.
Kedua
sales, tujuannya sudah pada peningkatan omset usaha, yang akan berimbas dengan
profit tentunya. Pada tahapan ini sudah harus berorientasi profit. Gunakan
konsep AIDA. Dan tentunya ada biaya disini, karena tujuannya adalah mendapatkan
profit.
Ketiga
eksistensi, pada tahapan ini usaha anda wajib spending money untuk menunjukkan
bahwa usaha anda masih ada dan terus berkembang.
Dari
ketiga konsep diatas dibutuhkan konsistensi dan komitmen. Dan tujuan akhir dari
promosi adalah branding usaha kita, contoh, apa yang ada dipikiran anda jika
ada orang menyebutkan, baygon, honda, rinso, pepsodent. Jika anda dengan
mudahnya menjawab, artinya ketiga tahapan promosi tadi sudah berhasil
> Ekspansi
Sebuah
usaha akan butuh dengan namanya ekspansi, pada tahapan ini bisa dilakukan
dengan cara membuka cabang baru atau bermitra. Dengan membuka cabang maka
peningkatan sebuah usaha akan kelihatan, karena akan meningkatkan omset usaha.
Banyak
faktor yang akan menjadi pertimbangan dari membuka cabang, karena butuh namanya
sistem. Jadi idealnya bangun sistem pada tahapan sebelum pengembangan. Gunakan
struktur organisasi, bangun kemimpinan didalamnya.
> Controlling
Pada
tahap ini dibutuhkan manajemen usaha yang baik, yang mencakup manajemen sdm,
keuangan, promosi. Memilih staf yang bisa memimpin, dan menggerakkan roda usaha
akan sangat memiliki peranan penting, dari sinilah manajemen keuangan dan
promosi akan bergerak maju.
Kesimpulannya adalah Sebuah usaha bukanlah sekedar action, dibutuhkan namanya ilmu. Keseimbangan
ilmu dan praktek yang akan mempermudah menjalankan sebuah perahu usaha.
"JIKA
INGIN TERJUN KELAUT SETIDAKNYA ANDA HARUS BISA BERENANG". itulah dunia
usaha ibarat lautan penuh ketidakpastian, namun bisa dikendalikan jika berilmu.
Sekian dulu yang info tenang Cara Menjalankan Usaha yang saya peroleh dari salah satu pengusaha sukses Kota Pontianak yang sering menshare tentang ilmu usaha di salah satu grup facebook Pontianak Entreprenuer. Semoga bermanfaat.