CARA MENJALANKAN USAHA

CARA MENJALANKAN USAHA

PENJELASAN TENTANG CARA MEMULAI DAN MENJALANKAN USAHA

CARA MELAKUKAN BISNIS


Cara menjalankan usaha mungkin merupakan pertanyaan yang sering dipertanyakan oleh kita yang baru terjun ke dunia usaha. Apa saja tahapan menjalankan usaha, bagaimana prosenya merupakan ilmu usaha yang harus diketahui para pengusaha pemula. Sekarang saya ingin menginformasikan beberapa tahapan dalam Cara memulai Usaha dan menjalankan usaha. Informasi ini saya peroleh dari salah satu pengusaha sukses Kota Pontianak yang sering menshare tentang ilmu usaha di salah satu grup facebook Pontianak Entreprenuer.

BEBERAPA TAHAPAN DALAM MEMULAI DAN MENJALANKAN USAHA

Berikut beberapa tahapan dalam memulai dan cara menjalankan usaha :

> Menentukan ide bisnis
Cara Menjalankan UsahaIde bisnis adalah akar dari sebuah usaha, menentukan ide bisnis butuh namanya tahapan. Bisa berdasarkan passion, peluang atau bahkan perpaduan keduanya, diperkuat dengan data penelitian, karena tidak semua orang memiliki kemampuan yang sama dengan lainnya.


Setelah itu gunakan analisa SWOT sederhana, lihat kekuatannya, kelemahannya, peluangnya, dan perlakuannya. Seleksi dari beberapa ide, minimal 5, seleksi jadi 3, dan tentukan 1 yang akan dieksekusi. Perkuat dengan konsep USP, Unique Selling proposition, ada 11 langkah menentukannya, dan itulah awal dari blue ocean strategy. Sebuah konsep marketing yang dapat diimplementasikan, jika itu tercapai maka menjadi market leader adalah sebuah keniscayaan.

> Sources
Sumber disini bisa dibagi menjadi beberapa jenis, ada sumber tenaga, waktu, modal materi, dan pikiran.
Dalam usaha kita harus mengerahkan ke 4 sumber tersebut, yang biasa menjadi kendala adalah modal materi, padahal jika mau mencari solusinya maka materi adalah modal terakhir.
Untuk memulai sebuah usaha tidaklah harus dengan HUTANG, bisa dimulai dengan sistem kepercayaan, asal ada kemauan, gunakan kemampuan pikiran, waktu dan tenaga.

> Promotion
Promosi adalah tombak dari sebuah usaha, ada 3 tahapan dalam promosi, pertama awareness, tujuan promosi ini adalah mengenalkan produk yang kita jual. Bagaimana para konsumen tau produk yang kita jual, gunakan medsos bisa menjadi opsi karena minim modal promosi.
Kedua sales, tujuannya sudah pada peningkatan omset usaha, yang akan berimbas dengan profit tentunya. Pada tahapan ini sudah harus berorientasi profit. Gunakan konsep AIDA. Dan tentunya ada biaya disini, karena tujuannya adalah mendapatkan profit.
Ketiga eksistensi, pada tahapan ini usaha anda wajib spending money untuk menunjukkan bahwa usaha anda masih ada dan terus berkembang.
Dari ketiga konsep diatas dibutuhkan konsistensi dan komitmen. Dan tujuan akhir dari promosi adalah branding usaha kita, contoh, apa yang ada dipikiran anda jika ada orang menyebutkan, baygon, honda, rinso, pepsodent. Jika anda dengan mudahnya menjawab, artinya ketiga tahapan promosi tadi sudah berhasil

> Ekspansi
Sebuah usaha akan butuh dengan namanya ekspansi, pada tahapan ini bisa dilakukan dengan cara membuka cabang baru atau bermitra. Dengan membuka cabang maka peningkatan sebuah usaha akan kelihatan, karena akan meningkatkan omset usaha.
Banyak faktor yang akan menjadi pertimbangan dari membuka cabang, karena butuh namanya sistem. Jadi idealnya bangun sistem pada tahapan sebelum pengembangan. Gunakan struktur organisasi, bangun kemimpinan didalamnya.

> Controlling
Pada tahap ini dibutuhkan manajemen usaha yang baik, yang mencakup manajemen sdm, keuangan, promosi. Memilih staf yang bisa memimpin, dan menggerakkan roda usaha akan sangat memiliki peranan penting, dari sinilah manajemen keuangan dan promosi akan bergerak maju.

Kesimpulannya adalah Sebuah usaha bukanlah sekedar action, dibutuhkan namanya ilmu. Keseimbangan ilmu dan praktek yang akan mempermudah menjalankan sebuah perahu usaha.
"JIKA INGIN TERJUN KELAUT SETIDAKNYA ANDA HARUS BISA BERENANG". itulah dunia usaha ibarat lautan penuh ketidakpastian, namun bisa dikendalikan jika berilmu.


Sekian dulu yang info tenang Cara Menjalankan Usaha yang saya peroleh dari salah satu pengusaha sukses Kota Pontianak yang sering menshare tentang ilmu usaha di salah satu grup facebook Pontianak Entreprenuer. Semoga bermanfaat.